Salah satu rutinitas yang wajib diikuti oleh seluruh santri Rumah Tahfidz Ali Obed Bahajaj, Bogor, Jawa Barat, adalah kegiatan tasmi’ul Qur’an

KabarSANTRI | BOGOR – Salah satu rutinitas yang wajib diikuti oleh seluruh santri Rumah Tahfidz Ali Obed Bahajaj, Bogor, Jawa Barat, adalah kegiatan tasmi’ul Qur’an, yaitu kegiatan untuk mengevaluasi kualitas hafalan yang telah dimiliki.

Pada kegiatan tersebut seluruh santri dituntut untuk dapat melantunkan seluruh hafalan Qur’an yang dimilikinya sebaik dan selancar mungkin di hadapan seorang asatidz dengan didampingi oleh orang tua masing-masing.

Jika dinyatakan lulus oleh asatidz tersebut maka santri akan dizinkan untuk menambah hafalan baru. Namun, jika tidak lulus karena belum lancar atau belum sesuai standar yang ditentukan oleh asatidz, maka ia harus mengulang-ulang hafalan lamanya terlebih dahulu sebelum melanjutkan dengan menambah hafalan yang baru.

Kegiatan seperti itu terlihat di Rumah Tahfidz Ali Obed Bahajaj pada hari Sabtu (20/8) lalu. Dalam rangka muraja’ah atau mengulang hafalan agar hafalan Al Qurannya tetap terjaga.

Kegiatan tasmi’ Qur’an diadakan setiap hafalan genap satu juz.  Seluruh santri begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Hal ini tercermin dari kesunguhan mereka dalam melantunkan hafalannya di hadapan orang tua sebelum benar-benar disimak oleh asatidz Rumah Tahfidz.

Pengasuh Rumah Tahfidz, Ustadz Acep Tarmizi menuturkan bahwa, tasmi’ Al-Qur’an itu bertujuan untuk memperkuat hafalan para santri dan menjadi pendorong semangat bagi santri lainnya.

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai syarat kenaikan hafalan ke juz selanjutnya. Melainkan juga sarana mengasah mental agar para santri terbiasa tampil di depan umum,” ujarnya.

Pada tasmi’ kali ini, ada beberapa level hafalan santri yang dievaluasi. Mulai dari level hafalan satu juz, dua juz, tiga juz, bahkan lebih. Setiap santri diuji dan dievaluasi sesuai dengan levelnya masing-masing.

Ananda Farel Tawakal, salah satu santri asal Jakarta telah mengikuti ujian tasmi’ kategori lima juz. Ia disimak langsung oleh penguji dan juga teman-temannya. Selain ia ada juga beberapa santri lainnya yang telah mengikuti ujian tasmi’ bil ghaib.

Sejatinya agenda ini dilaksanakan sebagai sarana untuk menguji dan mengevaluasi kualitas dan kuantitas hafalan santri. Dengan kata lain, kekuatan hafalan peserta akan diuji pada momen ini. Selain bertujuan untuk memperkuat hafalan, kegiatan ini juga tentu dapat melatih life skill santri Rumah Tahfidz Ali Obed Bahajaj, khususnya keterampilan public speaking.

TEKS  / FOTO : IHRAM.ID

WA : 0812-7127-4232

LEAVE A REPLY