KabarSANTRI  |  Sleman РSebuah rumah tahfidz di Sleman membuka program Mondok Free selama 1 tahun di masa pandemi COVID-19 ini. Adalah Rumah Tahfidz Al Hidayah yang berada di Jalan Merpati No 98, Mancasan Lor Condongcatur, Depok, Sleman, yang menyelenggarakan program tersebut.

Penanggung jawab pondok, Ustaz Teguh Ghozali, menjelaskan program ini untuk memenuhi dan memfasilitasi pendidikan bagi anak. Terutama untuk bekal ilmu keagamaan.

“Program Mondok Free bisa memberi solusi bagi masyarakat di mana kebutuhan untuk memberi bekal ilmu keagamaan terutama hafalan Al-Qur’an sangat penting bagi anak-anak,” ujar Ustaz Teguh kepada wartawan, Senin (1/3/2021).

Ia menjelaskan, program ini baru dimulai pada masa pandemi COVID-19. Program ini dikhususkan untuk santri laki-laki dengan beberapa persyaratan.

“Program ini khusus untuk laki-laki. Syarat bagi yang ingin menjadi santri baru untuk belajar hafalan Al-Qur’an, di antaranya sudah berumur 15 hingga 22 tahun, dengan target hafalan 12 bulan. Santri baru juga mau mengikuti program karantina sampai selesai kecuali adanya uzur syar’i dan mematuhi segala tata tertib di Rumah Tahfidz Al Hidayah,” paparnya.

Lebih lanjut, Ustaz Teguh menjelaskan pada masa pandemi ini, calon santri baru diwajibkan mematuhi penerapan protokol kesehatan serta membawa surat hasil swab antigen.

“Program Mondok Free ini sebagai langkah agar pendidikan agama bagi anak-anak di seluruh Indonesia bisa terus berjalan meski di tengah situasi pandemi COVID-19. Melalui karantina 1 tahun, dengan penerapan protokol kesehatan serta fasilitas penunjang kesehatan mulai hand sanitizer, tempat mencuci tangan serta menjaga pola hidup sehat dan kebersihan benar-benar kami tanamkan kepada santri,” terangnya.

Sementara itu penanggung jawab program hafidz 1 tahun, Ustaz Hizbullah, berharap program ini bisa menjadi salah satu percontohan pendidikan agama selama masa pandemi.

“Dengan dukungan berbagai pihak saya berharap program bisa menjadi percontohan pendidikan agama terutama hafalan Al-Qur’an di masa pandemi COVID-19,” kata Ustaz Hizbullah.

Untuk pendaftaran bisa menghubungi ke nomor WA 085156833908 yakni mulai gelombang pertama dimulai tanggal 1 hingga 12 Maret 2021. Kemudian gelombang kedua dibuka mulai 15 hingga 30 Maret 2021, dan Program Mondok Free akan dimulai 3 April 2021/2022.

TEKS/FOTO : DETIK.COM (rih/rih)

LEAVE A REPLY