Membaca Alquran (ilustrasi)

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai Rahasia sukses menghapal yang diterapkan Rumah Tahfidz Assakinah Citra Garden Medan Hingga bisa menciptakan penghafal Alquran hanya dengan waktu satu Tahun dan alumninya juga telah menjuarai Mtq Tingkat Kabupaten dan kota.

Sebut saja misalnya Seperti baru baru ini mtq 2020 Kabupaten Sergei Muhammad Hafidz Al Ihsan alumni angkatan kedua dari Rumah Tahfidz As sakinah yang mewakili dari Kecamatan Perbaungan Juara 1 Hifzil Qur’an 30 juz. Prestasi membanggakan bukan?

Apa sih Rahasia sukses yang dilakukan Rumah Tahfidz Assakinah hingga sukses menciptakan hafidz Alquran ?

Simak penjelasan berikut ini dengan seksama dan tempo yang sesingkat singkatnya. Setidaknya ada 5 Tahapan sukses yang dilalui santri hingga menjadi sukses diantaranya :

1. Khatam Alquran 15 Kali selama satu bulan
Iya khatam Alquran lima belas kali Selama satu bulan. Artinya selama dua hari sekali khatam alquran. Hal tersebut dilakukan supaya santri terbiasa dengan alquran dan mengenali isi alquran sebelum menghalalkan nya. Hal tersebut dibaca secara mandiri tanpa dibimbing oleh guru. Akan tetapi semua santri yang membaca dalam pengawasan para guru guru.

2. Khatam Alquran 1 Kali dibaca dihadapan Guru
Santri sebelum masuk kepada program hafalan terlebih dahulu harus diseleksi bacaan alquran nya sampai layak menghafal alquran. Santri digilir satu persatu membaca alquran dihadapan guru. Walaupun pada tahap rekrutmen diseleksi bacaan alquran nya namun hal tersebut belum cukup sampai seluruh dari isi alquran tersebut didengar oleh guru nya langsung . Mulai dari dengung sampai panjang pendeknya. Nah kalau dihitung semuanya berarti selama satu bulan sebelum masuk ke tahap hafalan ada 16 kali khatam alquran. Sebanyak lima belas kali di baca mandiri ditambah satu kali hatam baca alquran dihadapan guru. Luar biasa bukan.

3. Menghapal Alquran setiap satu bulan 3 juz dan murajaah (Mengulang)
Setelah masuk pada bulan kedua barulah masuk ketahap menghapal Alquran dimana setiap santri wajib menghapal alquran setiap harinya tiga halaman atau sekitar satu lembar setengah. Dan ditambah murajaah hafalan. Dengan rincian waktu menghafal alquran dimulai dari jam 04.00 WIB sebelum subuh sampai solat zuhur sebanyak tiga halaman terbagi dua sesi masuk.

Dilanjutkan setelah makan siang murajaah terdiri dari murajaah hafalan lama, baru dan terbaru. Hapalan lama adalah hapalan yang sudah lama dihapal adapun hafalan baru adalah hapalan yang dihapal satu hari sebelum nya sedangkan hafalan terbaru adalah hafalan yang dihafal pada hari tersebut pada pagi hari.

Dibagi pada tiga sesi. Hapalan terbaru disetor kembali setelah makan siang dan hafalan lama setor setelah ba’da asar dan hapalan lama disetor setelah ba’da magrib sampai dengan jam 10 malam. Seperti itulah rutinitas setiap harinya selama sepuluh bulan

4. Ujian bacaan Hafalan dan Hapalan setiap akhir Bulan
Sebelum hafalan diuji maka terlebih dahulu ujian bacaan hapalan dihadapan guru. Baru setelah itu dilaksanakan ujian hafalan dengan soal. Setiap juz akan diberikan empat pertanyaan. Maka santri akan menyambung ayat yang telah dibacakan penguji.

5. Ujian akhir selama satu bulan terakhir
Ujian ini adalah ujian kelulusan para santri. Hal ini sangat menentukan apakah santri tersebut lulus atau tidak lulus. Yang lulus akan mendapatkan sertifikat ijazah yang dikeluarkan oleh Yayasan Rumah Tahfidz Assakinah.

Selamat mencoba!

TEKS : KOMPASIANA.COM

WA : 0812-7127-4232

LEAVE A REPLY