Ketemu Santri, Menperin Ajak Pesantren Kembangkan Industri Digital

KabarSANTRI¬† –¬†Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pondok pesantren di seluruh Indonesia menjadi ekosistem dalam penumbuhan wirausaha industri baru.

Upaya ini sebagai salah satu strategi nasional yang tengah dijalankan untuk memasuki era revolusi industri keempat sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0.

“Dalam implementasi ekonomi digital itu yang penting di antaranya adalah membangun ekosistem. Jadi, pondok pesantren ini yang perlu kita bidik karena memiliki basis dan potensi besar untuk menggerakkan perekonomian nasional,” ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto pada acara bertema Program Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren di Surakarta, Senin (21/5/2018) petang.

Dia menjelaskan, pihaknya aktif menyosialisasikan penerapan revolusi industri 4.0 sebagai suatu perubahan yang bisa membawa peluang atau kesempatan bagi siapapun yang mempunyai talenta termasuk santri.

“Era ini bukan sesuatu yang mengkhawatirkan seperti terjadinya disrupsi. Oleh karena itu, ekonomi digital menjadi tools atau alat dalam mewujudkan demokratisasi ekonomi,” kata dia.

“Artinya, kesempatan tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia agar menjadi wirausaha yang mandiri dan tangguh. Sehingga ekonomi ini tidak hanya dimiliki oleh sebagian kelompok atau elite tertentu saja,” imbuhnya.

Sumber: Merdeka.com

LEAVE A REPLY