KabarSANTRI — Banyak pilihan dalam hidup, kamu yang akan terus berkubang dalam keterpurukan, atau bangkit menuju kebahagiaan. Ada banyak pula faktor yang membuat kita tak lepas dari penyakit hati bernama dendam, bisa jadi ia hadir akibat luka masa lalu yang terus meradang. Namun apakah kamu akan selamanya menyimpan rasa itu dalam hatimu?

Jika saat ini itulah yang sedang kamu rasakan, mungkin sebaiknya kamu meresapi kalimat-kalimat ini:

  1. Menyimpan dendam hanya menggarami luka yang semakin hari semakin menyiksa.

Apa yang sudah mereka perbuat terhadapmu terkadang menyisakkan kenangan menyakitkan, namun tak lantas kamu serta merta berhak membalas mereka. Biarkan saja, apa yang mereka perbuat akan mendapat balasan yang sesuai di hadapan Tuhan.

Kamu hanya harus menutup luka itu dengan senyuman. Sementara hati lindungilah dengan kesabaran.

  1. Dendam hanya akan membuatmu menjadi pribadi yang egois.

Saat dendam merongrong dalam jiwamu, kehampaan dan tidak tenang akan selalu mengikuti ke mana pun kamu pergi. Jika dendam itu kamu tuntaskan, dalam hatimu memang ada kepuasan, namun sejatinya kosong. Kamu hanya akan menjadi pribadi yang egois karena mau menang sendiri. Hindarilah perasaan dendam dengan memaafkan.

  1. Wujudkan dendammu dengan cara yang anggun, yakni membuktikan kalau kamu bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jika dendam itu harus diwujudkan, pilihlah cara-cara yang baik. Dengan berusaha keras menghapus stigma mereka terhadapmu dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Percayalah dendam hanya akan menorehkan begitu banyak luka lain di hatimu. Maka lepaskanlah beban itu dan raihlah bahagiamu.

TEKS : DIOLAH DARI BERBAGAI SUMBER

LEAVE A REPLY